rss
twitter
facebook

Senin, 14 Juni 2010

Vuvuzela, khas Piala Dunia Afsel....


Vuvuzela, trompet dari Afrika yg bkin telinga sait karna suara nya yg bising kya tawon.... :-@
Pgn ngrasain niup vuvuzela?








Klik Aperte e segure ou aperte varias vezes! =) untuk meniup bentar aja...
Klik Versao JOSELITO >=) lo bkal serasa lgi ultah... haha

News about Vuvuzela

Jangan Benci Vuvuzela
Oleh Dodi Ibnu Rusydi
Ini Piala Dunia pertama yang pertandingannya konstan diiringi suara lebah. Jutaan lebah. Mirip lalat juga. Bukan karena stadion letaknya dengan tempat pembuangan akhir sampah di Afrika Selatan, tapi bunyi dengung itu berasal dari vuvuzela, semacam terompet khas sana. Bahannya dari plastik.

Bunyinya sih tak beda jauh dari terompet yang biasa dipakai pendukung The Jak di sini. Tapi, ketika berbunyi berbarengan sestadion, suaranya luar biasa bising.

Nah, jadilah vuvuzela kontroversial. Ada yang bilang vuvuzela bisa merusak pendengaran, karena bunyi bising konstan menderu gendang telinga. Ada juga yang khawatir tak bisa mendengar pengumuman bila, amit-amit, stadion harus dievakuasi. Ruth MecNerney, dokter asal Inggris, kepada AP mengatakan vuvuzela berpotensi menyebarkan virus demam dan flu, "Mengingat banyaknya udara yang ditiupkan lewat vuvuzela," kata dia.



Kebisingan vuvuzela juga bisa mengganggu pemain. Pelatih harus berteriak lebih keras ke anak-anak yang tengah merumput di lapangan. Tim Denmark misalnya, jadi tak bisa berkomunikasi. "Kami harus menggunakan kontak mata," kata kiper Thomas Sorensen.

Kata Sorensen, apa pun yang ia teriakkan kepada para bek tak bisa terdengar. Bermain untuk Stoke City di Inggris, ia sudah terbiasa dengan kebisingan chant para pendukung. Tapi vuvuzela, wah beda lagi. Ah, mungkin itu sebabnya dua kali bola nyelonong ke gawangnya saat melawan Belanda.

Tapi, keinginan sejumlah pihak untuk menyingkirkan bahkan melenyapkan vuvuzela dari ritual Piala Dunia, setidaknya di Afrika Selatan, segera pupus. Dengan alasan vuvuzela adalah ikon sepakbola setempat, maka Presiden FIFA Sepp Blatter pun menegaskan menolak permintaan melarang vuvuzela.

Di sebuah wawancara, pemain tengah Spanyol Andres Iniesta diminta mencoba vuvuzela. Ragu-ragu, ia mencoba. Sudah siap ia mengumandangkan bunyi membahana kepada pemirsa televisi yang menanti-nanti dengan cemas (mungkin). Tapi hasilnya, bah, bunyi 'ngok' pun tak keluar.

Iniesta menyerah! Ia memulangkan si vuvuzela ke tangan pembawa acara, yang dengan mudah membunyikan vuvuzela. Sebagai seorang atlet dengan determinasi tinggi, Iniesta tentu mencoba untuk kedua kalinya. Pfhuuuuuttt!!! Lagi-lagi ia gagal.

Selamat merayakan PD 2010 all....

Oh iya, ada Award dari Aul-Home...
Mkasih ya...

As Very Nice Blog

Blog yang sangat bagus, tidak hanya dari tulisan-tulisannya, tapi keseluruhan...

Photobucket




2 komentar:

Aul Howler's Blog mengatakan...

Hehe...

Makasih y, Award dari Aul di post...

JAdi malu, awardnya nggak bagus...

hehe...

Maaf untuk yg satu itu...

Nabilla mengatakan...

Untung gak pernah liat bola. hehe

Posting Komentar